Terbaru · Info · Kebahagiaan · Destinasi · Penginapan · Berita · Opiniku · Wisataku · Kendaraan · Wisata Religi · Privacy Policy · Daftar isi · Tentang Kami ·

Penjelasan Singkat, Kenapa Setelah Minum Kopi Bisa Membuat Reaksi Suasana Hati Seketika Jadi Bahagia?

 Dolanku.com - Minum kopi hitam murni tanpa campuran apapun, termasuk gula sekalipun, sangat bermanfaat bagi kesehatan fisik dan kesejahteraan mental. Dengan kata lain, kopi juga sangat bermanfaat dalam membikin suasana hati jadi bahagia. Lantas, bagaimana cara kerja seduhan kopi mampu membuat peminumnya menjadi sumringah?

Perlu disadari dulu bahwa efek meminum kopi pada masing-masing individu berbeda. Artinya, selain takaran perbandingan antara bubuk kopi dengan air panas yang pas, faktor penentu lain dalam menghasilkan manfaat besar ialah memperhatikan kondisi sistem pencernaan peminum kopi.

Lebih lanjut, dampak tak menguntungkan efek kopi yang dikonsumsi dalam jumlah tertentu bukan cuma membuat perut menjadi mules parah ataupun terkena gangguan asam lambung. Dalam kasus tertentu, meminum kopi justru memberikan efek kecemasan. Hal itu dapat terjadi kepada individu yang intoleran pada kafein kopi.

Selain itu, durasi pengaruh kopi (dengan takaran sama) dalam menimbulkan kebahagiaan setiap orang juga berbeda-beda. Ada yang baru satu hingga satu setengah jam meminum kopi baru merasakan kebahagiaan, tetapi terdapat pula yang bereaksi lebih cepat daripada itu.

Perlu diketahui, di dalam biji kopi terdapat kandungan zat tertentu yang dapat merangsang peningkatan aliran hormon dopamin ke dalam tubuh. Di mana, dengan adanya reaksi "persentuhan" antara otak dengan minuman kopi mampu mengaktifkan pusat kesenangan dan menghadirkan sinyal-sinyal kebahagiaan sel saraf.

Bukan sekadar memproduksi hormon kebahagiaan, cairan kopi yang masuk ke dalam tubuh turut pula berkontribusi dalam membuat otak menjadi rileks. Alih-alih memikiran hal-hal yang sering kepikiran dalam kehidupan sehari-hari, yang terjadi justru otak menjadi bisa diajak fokus bekerja dan berkonsentrasi.

Setelah minum kopi tidak ada lagi rasa galau, terkenang lagi ingatan traumatis di masa lalu, perasaan bingung, maupun gelisah. Alhasil, kinerja otak sanggup diajak untuk berpikir lebih keras ketimbang sebelumnya. Pada akhirnya, otak pun akan memerintahkan organ-organ tubuh yang mendukung pergerakan fisik untuk ikut aktif bekerja.

Dengan kata lain, dengan meminum kopi akan membuat energi seseorang tersalurkan secara efektif dan efisien. Enggak ada yang terbuang sia-sia lantaran cara kerja otaknya terpecah-pecah. Nah, ketika otak bisa fokus tentu bermanfaat dalam mengendalikan pergerakan tubuh sekaligus gampang dalam mendapatkan ide-ide.

Baca juga: Saran Penting Bagi Pemula yang Ingin Mencari Kebahagiaan dengan Cara Mengonsumsi Kopi

Boleh dibilang, efek minum kopi sehingga membuat bahagia terjadi bukan sekadar karena sugesti. Melainkan, secara nyata memang ada hubungan sebab-akibat maupun pengaruh reaksi biologis-kimiawi di dalam tubuh sesudah meminum kopi. Intinya, fakta menunjukkan bahwa aliran darah yang mengandung kopi dapat membikin otak jadi bahagia. (Dolanku/19/06/24).

Ilustrasi kopi murni (Sumber gambar Pixabay.com/ Detonator)






Baca tulisan menarik lainnya:

Terima kasih telah membaca tulisan kami berjudul "Penjelasan Singkat, Kenapa Setelah Minum Kopi Bisa Membuat Reaksi Suasana Hati Seketika Jadi Bahagia?"

Posting Komentar

Berkomentar dengan bijak adalah ciri manusia bermartabat. Terima kasih atas kunjungannya di Dolanku.com